Lebih Dekat dengan Kain Kanvas

Kain Kanvas merupakan jenis kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Bahan kanvas awalnya digunakan untuk pembuatan lukisan. Berkembangnya pada jaman modern sekarang ini kain kanvas mulai digunakan untuk bahan membuat tas, sepatu, jaket, tenda, terpal, penutup truk, payung taman dan berbagai macam aksesoris. Kain Kanvas memiliki ketebalan yang sangat sempurna untuk dijadikan jahitan yang menarik.

Bahan kanvas pada jaman dahulu terbuat dari jerami memang terkenal sebagai kain yang sangat kuat dan kokoh. Walaupun saat ini kain kanvas banyak terbuat dari kapas atau linen, Namun tidak mengurangi kukatan dari kain kanvas itu sendiri. Terdapat juga kain kanvas ini yang terbuat dari bahan sintetis contohnya dari polyester, namun biasanya bahan polyester tersebut dicampur dengan katun.

Jenis dari kain kanvas yaitu kain kanvas yang polos, dan kain kanvas yang bermotif. Kain kanvas bermotif disebut dengan kain kanvas ring. Kain Kanvas tersedia dengan berbagai macam warna yang menarik. Kain kanvas juga ada beberapa tingakatan ketebalan, mulai dari yang tipis hingga yang tebal. Kain kanvas yang tipis disebut dengan kain baby kanvas. Ada beberapa teknik finishing dalam pengerjaan kain kanvas diantaranya teknik finishing waterproof, teknik woven rapier, dan lain sebagainya. Kain kanvas dengan teknik finishing waterproof  dimanfaatkan untuk cover cargo, cover truk, tas ransel, alas dan layar. Sedangkan untuk kain kanvas dengan teknik finishing woven rapier digunakan untuk membuat tas, sepatu, terpal, tenda dan lain-lain.

Anda  juga bisa memanfaatkan kain kanvas ini sesuai dengan produk yang anda inginkan, salah satunya anda bisa menggunakan tas belanja dengan bahan kain kanvas. Dengan melakukanhal tersebut maka Anda bisa membantu mengurangi limbah kantong plastik dan melindungi bumi dari tumpukan sampah plastik. karena tas belanja yang anda gunakan bisa dipakai berulang kali.

Cara Merawat Tas Bahan Kain Kanvas :

Simpan tas kanvas dilemari yang aman. Jika tidak berencana memakainya dalam waktu lama hendaknya ditempatkan ditempat yang lembab. gunakan kamper pada tas dan tempat penyimpanan tas kanvas agar tidak lembab dan berjamur. jangan sering terkena sinar matahari langsung, sinar matahari akan membuat warna tas menjadi cepat pudar. Jangan menggunakan mesin cuci untuk membersihkan tas kanvas. Jangan merendam atau menenggelamkan tas di air. Gunakan sedikit air dingin dan oleskan dengan lembut pada bagian tas yang terkena noda.

Beralih Ke Tas Ramah Lingkungan

Jika dikatakan bahan tas kanvas adalah salah satu jenis bahan ramah lingkungan rasanya memang tidak salah. Bagaimana tidak, Jika semua orang beralih menggunakan tas kanvas ini dan meninggalkan penggunaan tas plastik, maka lingkungan tentunya menjadi lebih bersih dari sampah yang menjadi “musuh” kita selama ini yaitu samapah yang berasal dari bahan plastik yang secara alami sangat sulit diuraikan. Populasinya juga semakin hari terus bertambah seiring dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan kelestarian dan kebersihan lingkungan. Jika kita mulai dari sekaraang beralih untuk menggunakan tas berbahan kain kanvas ini, maka masa depan yang cerah untuk anak cucu kita kelak akan bisa tetap terjaga.

Bahan tas kanvas ini juga mempunyai keunggulan lain yaitu mudah dilipat karena sangat tipis sehingga ketika kita sudah tidak menggunakan lagi, tas kanvas ini akan sangat mudah disimpan. walaupun kain kanvas ini berbahan tipis tapi jangan meremehkan kekuatan dari tas yang terbuat dari bahan kanvas ini. Kalau kamu sudah bosan dengan model tas kanvas yang sudah ada dipasaran, sekarang kamu juga bisa memilih tas berbahan kain kanvas yang memiliki motif tertentu atau bisa dengan desain sendiri sesuai yang di inginkan. Memilih dengan selera dan kebutuhan.

Leave a Comment